Monday, April 27, 2015

Kebiasaan Suka Menolong Dapat Membuat Umur Lebih Panjang

Kebiasaan Suka Menolong Dapat Membuat Umur Lebih Panjang - Sebagai mahkluk sosial, sudah kodratnya manusia untuk hidup saling tolong menolong dan juga tentunya manusia tidak dapat hidup sendiri karena sangat membutuhkan bantuan orang lain. Sebenarnya menolong orang lain merupakan sebuah hal yang mudah dilakukan, akan tetapi karena perubahan zaman yang membuat orang menjadi individualis sehingga kegiatan saling tolong-menolong menjadi sesuatu yang susah dan berat dilakukan. Padahal menurut sebuah hasil penelitian yang diterbitkan oleh Health Me Up ada beberapa manfaat bagi orang yang suka menolong antara lain :



1. Membuat Umur Panjang
Ternyata dengan menolong atau saling tolong menolong dapat membuat orang menjadi panjang umur. Kegitan membantu seperti membersihkan rumah dan melakukan pekerjaan rumah tangga juga dapat membuat sesorang menjadi pqnjang umur. Penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang saling membantu dalam pekerjaan rumah tangga berusia lebih panjang dibandingkan dengan pasangan yang tidak pernah saling membantu.

2. Dapat Mengurangi Stres
Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sebuah perilaku yang kasar bisa meningkatkan stress pada diri sendiri. Begitu juga dengan orang yang pelit. Orang yang memiliki sifat pelit akan mengalami peningkatan hormon stres cortisol dalam tubuhnya. Sedangkan orang yang dermawan dan suka membantu orang lain akan mendapatkan efek yang sebaliknya, dimana orang yang dermawan dan suka membantu orang lain dapat mengurangi tingkat stres dan produksi hormon stres pada tubuh. Saat anda menolong seseorang apalagi orang tersebut adalah orang yang tidak anda kenal maka akan membantu tubuh anda melepaskan oxytocin atau yang biasa disebut dengan hormon cinta. Hormon ini dapat membantu menurunkan stres dan juga dapat meningkatkan kepercayaan terhadap orang lain. Itulah mengapa orang yang dermawan dan suka membantu orang lain akan memiliki usia yang lebih panjang dan lebih bahagia.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Ternyata dalam hasil penelitian yang diterbitkan oleh Health Me Up menunjukkan bahwa orang suka membantu orang lain memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan terkontrol. Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa orang yang sering memberikan bantuan kepada orang lain juga akan mendapatkan bantuan ketika di membutuhkan.

4. Menurunkan Resiko Depresi
Dengan rajin membantu orang lain juga dapat membuat orang jauh dari depresi. Penelitian juga mengungkapkan bahwa orang yang mengalami trauma dan juga masalah mental biasanya akan lebih cepat membaik ketika terlibat dalam acara amal atau juga menjadi sukarelawan. 

Itulah beberapa keuntungan dan manfaat yang bisa diperoleh jika kita memiliki kebiasan saling tolong menolong. Untuk itu jangan lupa untuk lebih sering saling tolong menolong lagi ya sobat vevnews agar mendapat umur yang panjang, mengurangi stress, menurunkan tekanan darah, dan juga terhindar dari depresi.

No comments:

Post a Comment