Saturday, October 1, 2016

Ciri-ciri Karya Tulis

pada postingan kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri karya tulis, sebelum kita mengetahui apa saja ciri-ciri karya tulis kita harus mengetahui pengertian dari karya tulis itu sendiri.

apa itu karya tulis ilmiah? Karya ilmiah adalah tulisan atau karangan yang bersifat ilmiah. Artinya karya ilmiah harus didukung oleh data dan fakta nyata atau faktual) yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 
Terdapat beberapa pengertian tentang karya tulis, yakni;
1.    Salah satu media komunikasi tertulis adalah karangan atau karena terbentuk tulisan maka dinamakan karya tulis. Setiap gagasan yang diungkapkan ke dalam bentuk tulisan dinamakan karya tulis.  
2.    Karya tulis adalah karangan yang mengetengahkan hasil pikiran, hasil pengamatan, tinjauan dalam bidang tertentu yang disusun secara sistematis. Karya tulis juga dapat dikatakan tulisan yang membahas masalah tertentu berdasarkan pengamatan secara sistematis dan terarah.

Ciri-ciri karya tulis ilmiah:

1. Ditulis dalam bahasa yang baik dan benar, serta tidak menimbulkan salah penafsiran bagi pembacanya

2. disertai fakta yang akurat dan meyakinkan

3. informasi yang disajikan lengkap

4. menarik dan enak dibaca
Karya ilmiah dapat berbentuk essay, artikel, laporan, skripsi dan sebagainya. Pada karya-karya ilmiah tersebut, biasanya ada pola-pola penulisan yang perlu kalian perhatikan.

Sistematika penulisan karya tulis ilmiah sederhana

Sistematika penulisan karya ilmiah misalnya seperti di bawah ini.
. halaman judul

2. kata pengantar

3. daftar isi

4. pendahuluan

5. isi

6. kesimpulan dan saran

7. daftar pustaka

8. lampiran (bila ada)

 sumber : http://chetarmembaha.blogspot.co.id/2012/12/pengertian-jenis-dan-ciri-karya-tulis.html
http://www.gurupendidikan.net/2015/11/pengertian-dan-ciri-ciri-karya-tulis-ilmiah-serta-sistematika-penulisan-karya-tulis-ilmiah-sederhana.html

No comments:

Post a Comment