Saturday, December 24, 2016

Mengapa Manusia Harus Jujur Dalam Ajaran Islam?

Mengapa manusia harus jujur? Yang terpenting karna Allah SWT mencintai hambanya yang jujur, tetapi seandainya tidak jujur mau jadi apa manusia itu? Apalagi jika jadi pemimpin pasti harus mimpin dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum mimpin orang lain.

Jujur adalah sifat yang dimuliakan oleh Allah SWT dan rasul pun termasuk mempunyai sifat tersebut dan mustahil rasul mempunyai sifat dusta seandainya mempunyai sifat seperti itu sudah tentu umat yang dibimbingnya akan menjadi penipu pula dan yang disampaikan penuh dengan kedustaan yang dapat menyesatkan dan menyengsarakan umat manusia.

Dijaman yang sudah berbeda ini, jujur sudah dinggap mahal sudah banyak orang yang tidak jujur ambil contoh dipemerintahan yang korupsi yang memakan uang rakyat. Apakah orang itu akan selamat seandainya dia ketauan?, ya kemukingkinan didunia ini masih diselamatkan dan hanya dihukum dalam sel penjara dan ada juga yang kembali tidak jujur seperti sogokan kepada hakim dll. Sehingga dapat mempercepat kurungan diperjara. Tetapi jika sudah dialam yang berbeda Allah SWT tidak akan segan – segan dan murka kemudian memasukannya kepada api yang bergejolak yang sangat- sangat panas dan lebih – lebih lagi yaitu dineraka.

Keuntungan menjadi orang yang selalu jujur antara lain :

  1. Hidup terasa tentram dan tidak ada beban.
  2. Disayangi oleh Allah SWT.
  3. Orang lain akan mudah mempercayai.
  4. Mudah mendapatkan pertolongan dari orang lain.
  5. Dapat dihargai oleh orang lain.
  6. Banyak teman dan orang – orang disekitar selalu mendukung apa yang kita kerjakan.
  7. Sebagai tiket untuk masuk kedalam surga.
Kerugian orang yang tidak jujur antara lain :
  1. Tidak disukai oleh Allah SWT.
  2. Tidak dapat dipercaya oleh orang lain.
  3. Susah untuk mendapatkan teman.
  4. Susah untuk mendapatkan pertolongan kepada orang lain.
  5. Hidup merasa tidak tentram dan merasa ada beban.
  6. Jika tidak bertobat kepada Allah SWT akan masuk kedalam neraka.
  7. Hidupnya akan selalu ada dalam kebohongan.
  8. Dibenci oleh orang lain dsb.
Jika melihat kerugian tersebut apakah masih berbuat tidak jujur? Ayo berubahlah masih ada waktu, jika kita sudah dicabut nyawanya itu sudah tidak ada waktu lagi. Orang yang selalu jujur itu menyenangkan ko, ada masalahpun terasa mudah untuk diselesaikan.

Berubahlah mulailah jujur kepada diri sendiri kemudian kepada orang lain bahkan kepada Negara ini, yang membutuh pemimpin yang jujur menjalankan tugas demi rakyat bukan sekedar hanya mementingkan dirinya sendiri seperti pegawainya berfikiran”yang terpenting saya mendapatkan gaji dengan datang setiap hari”. Itu salah sedangkat rakyat masih sengsara.



sumber : http://gurupintar.com/threads/jelaskan-mengapa-manusia-harus-jujur-dalam-agama-islam.622/

No comments:

Post a Comment