Tuesday, October 4, 2016

Kamus Bahasa Alay


Abjad
Bahasa alay
Arti
Makna Indonesia
Contoh kalimatnya
A
Akuwh
Aku
Diri sendiri
Nanti akuwh nyusul ya

Allow
Halo
ucapan salam untuk menyapa (seseorang)
Allow ini siapa ya?

Abal-abal
Palsu atau jelek
Tiruan, tidak asli
Ih jangan beli disitu, barangnya abal-abal

Abas
Anak basket
Seseorang yang ahli bermain basket
Kenalin  nih temen gue, abas
B
Bais
Habis
Tidak tersisa
Pulsa gw bais, ntar gw telfon lagi

Boil
Mobil
kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya
Boil lu mana jek? Ujan nih

Baks
Rokok
Gulungan tembakau
Oii boy, bagi baks nya!

Beud
Banget
Sangat, keterlaluan
Ih cakep beud
C
Cius miapah?
Serius demi apa?
Sungguh-sungguh demi apa
Cius miapah lu ketemu idola gw?

Cukstaw
Cukup tau
Cukup tau
Oke cukstaw ajadeh!

Curcol
Curhat colongan
Cerita
Yah curcol deh, haha

Ckckckck
Keheranan
Keanehaan
Ckckck ga nyangka ya sama itu cewe ko bias jadi gitu ya?

Cpeg
Cape
Lelah
Udah cappeg sama kamu yang sekarang
D
Dagh
Sudah
Selesai
Dagh beres belum tugas gw?

Dumz
Dong
kata yang dipakai di belakang kata atau kalimat untuk pemanis atau pelembut maksud
Iya dumz, rumah gw kan emang bagus

Dodol
Lemot/ lambat
Perlahan-lahan
Ih lu dodol banget sihmikir gitu aja lama

Duren
Duda keren
laki-laki yang kematian istri atau yang telah bercerai dari istrinya dan tampak gagah
Ada duren di sebelah rumah gw

Delon
Derita lo nek
sesuatu yang menyusahkan yang ditanggung dalam hati
Ah masa bodo deh, delon!
E
Eang
Sayang
kasih sayang (kepada); cinta (kepada); kasih (kepada)
Eang lagi apa?

Ewul
Laper
Laper
Ih ewul nih pengen makan

Egp
Emang gue pikirin
Tidak perduli
Egp bukan urusan gw!

Ea
Iya
Ya
Ea gampang nanti nyusul

Elo
Kamu
Yang diajak bicara
Nanti elo kerjain tugas gw ya
F
Fudul
Stalking/kepo
Ingin tahu yang berlebih
Jangan fudulin mantan lu terus haha

Fasti
Pasti
Sudah tetap
Iya fasti aku datang ke ulang tahun kamu

Fyuh
lelah
Tidak bertenaga
Hari ini fyuh banget

Fufufu
Nangis
Sedih
Fufufu dia udah sama yg lain L

Fakuy
Persetan
kata seru untuk menyatakan tidak mau tahu lagi; masa bodoh; tidak peduli
Fakuy! Buat cewe yang udah rebut cowo gw
G
Gajebo
Gajelas
Tidak jelas
Gajebo lu

Galau
Perasaan ga karuan
rasa atau keadaan batin sewaktu menghadapi (merasai) sesuatu yang tidak karruan
Anak muda zaman sekarang hobby nya galau terus

Gengges
Ganggu
Mengusik
Gw unfollow aja deh soalnya dia gengges banget fotonya so imut gitu!

Gws
Get well soon/ cepet sembuh
Lekas sembuh
Gws ya sob

Gax
Tidak
partikel untuk menyatakan pengingkaran, penolakan, penyangkalan, dan sebagainya
Gax usah ganggu gw lagi
H
Hoax
Berita palsu
cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat tapi tidak benar
Jangan percaya itu hoax

Hufftt
Mengeluh
menyatakan susah
Hufftt hari ini cape banget

Humzz
Rumah
bangunan untuk tempat tinggal
Kehumzz gw yu, kita makan makan

Hts
Hubungan tanpa status
Hubungan tanpa status
Hts tuh ga enak tau

Huges
Hujan gede disini
Hujan besar disini
Jangan kerumah gw sekarang huges nih!
I
Imoetz
Imut
manis, mungil, dan menggemaskan
Adik kecil itu imoetz banget

Iyyuuuh
Jiji
tidak suka melihat (mual dan sebagainya) karena kotor, keji, dan sebagainya
Iyuuh banget duduk ditempat kaya gitu, itukan kotor!

Iyach
Iyah
Ya
Iyach nih hari ini panas banget

Ijb
Ikatan jomblo bahagia
Ikatan jomblo bahagia
Jangan ledekin kita aja dong, kitakan ijb!

Icchh
Ish
ish
Icch jiji banget deh
J
Jutek
Sombong/tidak murah senyum
menghargai diri secara berlebihan; congkak; pongah
Itu cowo jutek banget  sih sebel deh

Jablai
Jarang dibelai
Tidak pernah dapat kasih saying
Ih dasar jablai!

Jadul
Jaman dulu
masa yang telah lama lampau
Ih lagunya jadul banget, ga enak didenger

Jk
Just kidding/ bercanda
berkelakar; bersenda gurau; berseloroh
Ah maafin ya jk

Ja
Aja
Aja
Bisa ja nih kamu gombalnya
K
Kamseupay
Kampungan sekali udik payah
berkaitan dengan kebiasaan di kampung; terbelakang (belum modern); kolot
Si cewe itu kamseupay banget iyuuh

Kepo
Orang yang ingin serba tahu
Orang yang ingin tahu secara berlebihan
Kepo deh lu

Kicep
Malu
merasa sangat tidak enak hati (hina, rendah, dan sebagainya) karena berbuat sesuatu yang kurang baik
Langsung kicep gw setelah liat ulangan fisika

Kongkow
Nongkrong
duduk-duduk saja karena tidak bekerja
Yuk kita kongkow-kongkow

Krenzt
Keren
tampak gagah dan tangkas
Gila krenzt banget itu cowo
L
LDR
Long distance relationship/pacaran jarak jauh
Hubungan jarak jauh
Yang sabar ya emang LDR tuh ga gampang

Lebeh
Lebay/ berlebihan
aneh-aneh atau tidak sewajarnya (tentang tingkah laku): tingkahnya
Ih lebeh banget deh

LOL
Tertawa terbahak-bahak
Tertawa berlebihan
Hahaha LOL

Leh
Boleh
diizinkan; tidak dilarang
Leh juga kamu

Lom
Belum
masih dalam keadaan tidak
Lom makan nih dari pagi
M
Maaciw
Terimakasih
Rasa syukur
Maaciw ya udah nganterin aku

Mager
Males gerak
Bermalas-malas
Mager ngapa-ngapain nih

Malay
Malas
tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu
Malay mandi ah nanti siang aja

Menel
Centil
suka bergaya (tentang gadis); genit;
Menel banget sih lu jadi cewe

Maniezt
Manis
elok; mungil (tentang gadis, benda)
Cowo itu maniezt banget ya
N
Narsis
Hobi foto sendiri
Senang berfoto-foto
Narsis terus bro haha

Nax
Anak
Manusia yang masih kecil
Kenalin ini nax alay, hahaha

Napa
Kenapa
kata tanya untuk menanyakan sebab atau alasan; mengapa
Napa lu cemberut aja masih pagi juga

Nyupir
Nyuci piring
Mencuci piring
Nanti gw lagi nyupir nih didapur

Nomat
Nonton hemat
Menonton hemat
Nomat yu dipasar ada layar tanceb
O
Orets
All right/ oke
kata untuk menyatakan setuju; ya
Orets bro

OTW
On the way/ pergi
berjalan (bergerak) maju
Otw nih, tunggu bentar ya

Oneng
Telat mikir
Terlambat mengerti
Ah oneng lu, dari tadi baru ngerti

Owh
Mengerti
Paham

Owh begitu

Okd
Oke deh
Setuju
Okd nanti gw nyusul sob!
P
Pertamax
Komentar paling pertama di medsos
Komentar paling pertama di media sosial
Pertamax sob!

Peres
Palsu/ bohong
tidak sesuai dengan hal (keadaan dan sebagainya) yang sebenarnya; dusta
Ah peres lu!

PHP
Pemberi harapan palsu
Orang yang suka memberikan harapan palsu
Jadi cowo jangan PHP dong!

Palbis
Paling bisa
Orang yang selalu bisa
Emang ya Cuma lu doaang yang palbis

Pecah
Keren/gokil/heboh
Gempar
Rugi lo ga dating, pecah banget acara semalem!
Q
Q
Aku
Diri sendiri
Maafin Q yah  udah bikin salah

Qiqiiqiqi
Ketawa ngeledek
Menertawakan orang dengan nada meledek
Qiiqiqqi gitu aja ga bisa

Qta
Kita
pronomina persona pertama jamak, yang berbicara bersama dengan orang lain termasuk yang diajak bicara
Qta kesana yuk

Qaw
Kau
Engkau (umumnya digunakan sebagai bentuk terikat di depan kata lain)
Qaw mau kemana?

Qm
Kamu
yang diajak bicara; yang disapa (dalam ragam akrab atau kasar)
Qm jangan lupa ya datang kerumah aku
R
Rempong
Ribet
Ribet
Ngapain sih lu telfon gue tengah malem gini? Rempong deh!

Rebek
Ribet banget
Ribet sekali
Ih rebek banget sih lo!

Rebes
Beres
Selesai
Udah rebes bro tugas nya tenang aja

Retro
Jaman dulu banget
Zaman dahulu
Gaya nya retro banget iyuuh

Rojali
Rokok jarang beli
Jarang membeli rokok
Ga punya duit jadinya rojali deh
S
Sokil gob!
Gokil sob!
Gempar
Gila lu sokil gob!

Spupet
Sepupu
Hubungan kekerabatan antara anak-anak dari dua orang bersaudara; saudara senenek
Kenalin ini spupet gw!

Saiko
Gila
sakit ingatan (kurang beres ingatannya); sakit jiwa (sarafnya terganggu atau pikirannya tidak normal)
Gila ibu kos gw emang saiko banget!

Sekem
Kena tipu
Kena tipu
Aduh kena sekem lagi sama tukang hp

Selon
Santai
bebas dari rasa ketegangan; dalam keadaan bebas dan senggang
Selon aja kali sob!
T
Taw
Tahu
Mengerti sudah melihat
Iya gw juga udah taw ko kalau dia udah punya pacar lagi

Tuwch
Menunjukan sesuatu
Menunjukan sesuatu
Tuwh liat deh kasian ya orang yang disana

Tyuzz
Terus
Tetap berlanjut
Tyuzz gw harus gimana?

Tyap
Setiap
Setiap
Tyap kali gw liat hujan gw inget mantan gw

Tepar
Terkapar
Lelah
Gw tepar nih, nanti gw nyusul
U
Ucul
Lucu
menggelikan hati; menimbulkan tertawa; jenaka
Hahah ucul banget

Unyu
Gemes
Gemes
Aaah, unyu banget sih kamu..

Ugha
Juga
selalu demikian halnya (kadang-kadang untuk menekankan kata di depannya)
Boleh ugha tuh cowo lu

Udin
Sudah
telah jadi; telah sedia; selesai
Iya udin gw kerjain tugas nya sob

Uwdach
Sudah
Selesai
Udach makan ko tadi

Uch
Uh
Menyatakan sesuatu
Uch hari ini meelelahkan
V
Vyuh
Lelah
penat; letih; payah; lesu; tidak bertenaga
Vyuh hari ini cape sekali

Vakuy
Persetan
kata seru untuk menyatakan tidak mau tahu lagi; masa bodoh; tidak peduli
Vakuy deh buat dia yg so cantik!

Volot
Bolot/bodoh
tidak lekas mengerti; tidak mudah tahu atau tidak dapat (mengerjakan dan sebagainya)
Ih masa yg kaya gitu aja ga ngerti dasar volot!

Vinta
Minta
Berkata-kata supaya diberi atau mendapat sesuatu; mohon
Vinta dong makanan nya, laper nih

Vagii
Pagi
waktu setelah matahari terbit hingga menjelang siang hari
Selamat vagii
W
Woles
Nyantai aja
Santai saja
Woles aja bro!

Wkwkwk
Tertawa terbahak bahak
Tertawa berlebihan
Wkwkwk gokil bro!

Wat
Buat
Untuk
Wat apa kamu masih nungguin dia disini?

Wanda
Wah tidak tahu
Tidak mengetahui
Wanda gw kan ga kesana kemarin

Womanizer
Playboy
Laki-laki yang banyak wanitanya
Dasar cowo womanizer, bisanya gonta-ganti cewe aja!
X
Xixixixi
Ketawa nyengir
Tertaawa datar
Xixixi lucu juga ya cowo itu imut imut gimana gitu

Xmx
Sms
Pesan singkat
Kemana sih kamu seharian ga xmx aku

Xoxo
Terimakasih
Mengucapkan syukur
Xoxo sudah dating kerumah aku

Xilau
Silau
Silau
Ya ampun xilau banget sih

Xampe
Sampe
Sampai
Kalau udah xampe rumah sms ya!
Y
Yalsi
Sial
Sial
Omongan ga nyambung gara gara bbm pending, yalsi!

Yupzz
Iya
Ya
Yupzz nanti gw kerumah lu, oke?

Yukz
Mengajak
meminta (menyilakan, menyuruh, dan sebagainya) supaya turut (datang dan sebagainya)
Yukz kita makan di tempat itu aja

Yippiii
Senang
puas dan lega, tanpa rasa susah dan kecewa, dan sebagainya
Yippi hari ini  dapet hadiah dari seseorang

Yooi
Iya
Ya
Yoi bro, santai aja kali
Z
Zmz
Sms
Pesan singkat
Nanti aku zmz kamu ya

Zzzzzzzzz
Tidur nyenyak
Tidur nyenyak
Udah malem nih mau tidur dulu zzzzzz

Zomblo
Jomblo
Seseorang yang tidak punya kekasih
Ih kasian deh jaman gini masih zomblo

Zial
Sial
Sial
Zial banget gw hari ini

Zelek
Jelek
tidak enak dipandang mata; buruk (tentang wajah)
Ih zelek banget deh tuh orang!


No comments:

Post a Comment