Tuesday, October 4, 2016

Ulasan Artikel Tentang Cerita Rakyat Sebagai Bagian Sastra Daerah



Poin yang saya dapat dari artikel tentang cerita rakyat sebagai bagian dari sastra daerah yaitu bahwasannya budaya Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam yang tampak dalam sastra-sastra daerah yang ada di seluruh nusantara.
Cerita rakyat sebagai salah satu bagian dari sastra daerah banyak mengandung nilai budaya, nilai estetika, nilai moral, dan nilai konsepsional. Cerita rakyat yang ada di Indonesia bisa berupa dongeng hikayat dan mitos. Cerita rakyat bertujuan untuk sarana mengetahui :
a)      asal-usul nenek moyang
b)       jasa atau teladan kehidupan para pendahulu kita
c)      hubungan kekerabatan (silsilah)
d)     asal mula tempat
e)      adat-istiadat, dan
f)       sejarah benda pusaka.

Di Indonesia sangat kental dengan cerita rakyat yang berupa mitos, di daerah daerah di Indonesia masih mempercayai mitos-mitos zaman dahulu Mitos dapat bersifat mendidik, irasional, dan intuitif . Sifat tersebut muncul karena berkaitan dengan kepercayaan, folklor, antropologi, sosiologi, psikologi, dan trmasuk karya sastra (Sugono, 2003: 128-129).
            Di Indonesia juga terkenal dengan dongeng, dongeng adalah sesuatu hal yang menarik untuk di ceritakan dan sangat menarik perhatian bagi sebagian besar anak-anak dan remaja. Dongeng juga dapat dijadikan media yang tepat untuk menyampaikan pesan moral kepada anak-anak. Sebaiknya, yang menjadi acuan utama dalam dongeng adalah khazanah yang terkandung di dalamnya bukan tentang apakah isi cerita tersebut benar-benar terjadi atau tidak.
            Jadi kesimpulannya adalah Cerita rakyat juga bisa berperan sebagai penghubung antara keburukan dengan kebaikan, antara kebudayaan masa silam dan masa yang akan datang. Dengan demikian, cerita rakyat dapat pula berperan sebagai sarana untuk menanam rasa kesadaran tentang keagungan nilai-nilai positif yang menunjang kehidupan masyarakat.
Dan cerita rakyat harus selalu kita wariskan kepada anak cucu kita nanti tapi harus sesuai dengan khazanah nya dan tidak melebih-lebihkan atau tetap mengambil sisi positif dari cerita rakyat tersebut, karena mau bagaimanapun cerita rakyat adalah warisan dari nenek moyang kita dan cerita rakyat yang kita miliki itu berbeda dengan cerita rakyat daerah lain dan bahkan Negara lain. Jadi ceerita rakyat juga termasuk sejarah.

No comments:

Post a Comment