Thursday, October 6, 2016

Contoh RPP IPA Kelas II semeter I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SDN
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas / Semester          : II / I
AlokasiWaktu             : 2x35 menit (1 x Pertemuan)
Standar Kompetensi           :

1.       Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan.
Kompetensi Dasar              :  
1.1   Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.


Indikator

A.     Menyebutkan bagian-bagian hewan.

B.      Membuat model hewan (ikan) dari kertas.

C.      Menebalkan gambar hewan dan menuliskan bagian-bagiannya.

D.     Menyebutkan bagian-bagian tumbuhan.

E.      Menggambar tumbuhan (bunga) dan menuliskan bagian-bagiannya.


F.       Menggambar tumbuhan dengan menghias kertas gambar dengan bijinya.

A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa mampu menyebutkan bagian-bagian hewan.
b.      Siswa dapat membuat model hewan dari bahan kertas.
c.        Siswa mampu menyebutkan bagian-bagian tumbuhan.
d.      Siswa dapat menggambar tumbuhan lengkap dengan bagian-bagiannya.


B.     Materi Pembelajaran

a.        Bagian-bagian hewan
1.      Bagian-Bagian Utama Tubuh Kucing
Tubuh kucing terdiri atas kepala, tubuh, kaki dan ekor. Seluruh tubuh kucing diselimuti rambut tebal. Kucing berkaki empat, digunakan untuk berjalan, berlari atau melompat. Kucing memiliki kuku yang tajam. Kuku kucing yang tajam berguna untuk menerkam mangsa. Kuku kucing juga digunakan untuk memanjat pohon.
Penglihatan kucing sangat tajam. Dengan penglihatannya yang tajam, kucing mengintai mangsanya. Kucing mempunyai gigi yang runcing. Gigi yang runcing disebut gigi taring yang gunanya untuk merobek-robek makanan. Di atas mulutnya ada rambut panjang dan kaku disebut kumis. Ekor kucing ada yang panjang dan ada yang pendek. Ekor kucing berguna untuk keseimbangan ketika berlari.

2.      Bagian-Bagian Utama Tubuh Burung
Ayam, bebek dan merpati adalah hewan yang dikelompokkan ke dalam bangsa burung. Bagian utama tubuh burung terdiri atas kepala, badan, sayap dan kaki. Pada bagian kepala bangsa burung terdapat mata, lubang hidung, lubang telinga dan paruh. Diatas kepada ayam terdapat jengger. Paruh gunanya untuk mematuk makanan. Bentuk paruh berbeda-beda tergantung dari makanannya. Burung yang makan biji-bijian misalnya merpati dan pipit. Burung yang makan daging misalnya elang, rajawali dan burung hantu. Tubuh bangsa burung diselimuti bulu. Bulu tersebut tidak mudah basah. Bulu itu membuat bangsa burung merasa hangat.
Sayap burung berguna untuk terbang. Tidak semua burung dapat terbang. Burung yang tidak dapat terbang adalah pinguin, kasuari dan burung onta. Pinguin, kasuari dan burung onta bergerak menggunakan kakinya.
Kaki burung berguna untuk hinggap dan berjalan. Bentuk kaki burung berbeda-beda. Kaki burung bangau panjang. Burung bangau biasa mencari makan di tempat berair. Bebek memiliki kaki berselaput. Selaput itu berada diantara jari kakinya. Selaput kaki berguna untuk berenang dan berjalan di tempat berlumpur.

3.      Bagian-Bagian Utama Tubuh Sapi
Sapi mempunyai bagian tubuh khusus yaitu rambut, puting susu dan tanduk. Rambut sapi menyelimuti tubuh. Puting susu sapi betina berguna untuk menyusui anaknya. Sapi memiliki tanduk yang keras, yang berguna untuk melindungi dari musuh. Suara sapi adalah melenguh. Sapi menghasilkan susu dan daging. Selain itu ada juga sapi yang diambil tenaganya. Kotoran sapi dapat dimanfaatkan untuk pupuk dan juga sebagai bahan untuk mebuat biogas.
4.      Bagian-Bagian Utama Tubuh Ikan
Ikan adalah hewan yang hidupnya di air. Ikan tidak memiliki kaki. Ikan memiliki sirip, sisik dan ekor. Sirip digunakan untuk berenang. Sisik digunakan untuk melindungi tubuhnya. Ekor digunakan untuk berbelok arah saat berenang. Ikan bernafas dengan insang.
5.      Bagian-Bagian Utama Tubuh Serangga
Hewan yang termasuk bangsa serangga adalah belalang, kupu-kupu, lalat dan lebah. Semua serangga berkaki enam. Ada serangga yang memiliki sayap. Sayap gunanya untuk terbang. Ada juga serangga yang tidak memiliki sayap misalnya semut. Di kepalanya terdapat sungut yang disebut antena. Antena berguna untuk alat peraga. Kupu-kupu dan lebah makanannya nektar. Nektar diperoleh dari bunga. Nektar adalah cairan manis untuk membuat madu.

b.       Bagian-bagian tanaman
1.      Akar
Pernahkah kalian memerhatikan tumbuhan yang baru dicabut dari tanah? Jika pernah, kalian akan melihat bahwa ada bagian tumbuhan yang berada di atas tanah dan ada bagian tumbuhan yang berada di bawah tanah. Bagian tumbuhan yang berada di dalam tanah adalah akar. Akar membuat tumbuhan menjadi tidak mudah untuk dicabut dari tanah.
akar juga berfungsi menyerap air dan zat hara dari dalam tanah. Beberapa tumbuhan mempunyai akar berfungsi sebagai penyimpanan cadangan makanan misalnya singkong. Berdasarkan bentuknya, terdapat dua jenis akar, yaitu akar serabut dan akar tunggang.
2.      Batang
Bagian tumbuhan yang berada di atas tanah adalah batang. Batang berfungsi sebagai tempat munculnya daun, bunga, dan buah. Di samping itu, batang juga berfungsi untuk mengedarkan air dan zat hara yang diserap akar.
Batang ada yang bercabang dan tidak bercabang. Batang juga ada yang berkayu dan tidak berkayu. Batang juga ada yang berongga dan ada juga yang beruas-ruas.
3.      Daun
Daun tumbuhan biasanya berwarna hijau. Daun menempel pada batang. Bentuk daun bermacam-macam. Daun ada yang lurus sejajar seperti pita misalnya adalah daun padi. Daun ada yang seperti jari misalnya adalah daun singkong. Ada juga yang bentuknya seperti sirip ikan misalnya daun mangga. Daun adalah bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat memasak makanan atau fotosintesis.
4.      Bunga
Bunga pada tumbuhan bentuknya bermacam-macam. Warna bunga juga bermacam-macam. Bau bunga ada yang harum dan juga ada yang tidak harum. Bunga merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan.
5.      Buah dan Biji
Kalian tentunya sangat suka makan buah-buahan. Apakah sebenarnya buah itu? Sebenarnya buah merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi melindungi biji. Buah terdiri atas daging buah dan biji. Bagian yang kalian makan biasanya daging buahnya. Jika biji ditanam akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Biji itu berkeping. Biji ada yang berkeping satu dan ada yang berkeping dua. Biji berkeping satu disebut monokotil dan biji berkeping dua disebut dikotil.

C.    Metode Pembelajaran

1.      Model Pembelajaran

                     ii.             Direct Instruction (DI)

                   iii.             Kreatif Thinking
                   iv.             Analisis konsep
2.        Metode

           Observasi

           Tugas individu

           Demonstrasi

D.    Langkah-langkah  Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
1)      Anak diajak keluar kelas sambil bernyanyi ”Kucingku”.
2)      Di perjalanan guru menanyakan kepada peserta didik binatang apa saja yang sudah dikenalnya.
2.      Kegiatan Inti

1)       Guru membagikan lembar pengamatan sederhana kepada siswa.

No.
Nama Hewan
Bagian-bagian Hewan



1.


2.


3.


4.


5.





2)       Guru menunjukkan hewan-hewan yang ditemukan/dilihat, dan membimbing siswa mengisi tabel pengamatan.
3)       Sambil duduk-duduk santai, guru meminta tiap-tiap peserta didik membacakan hasil pengamatan, dan memberikan perbaikan langsung kepada peserta didik yang melakukan kesalahan (hasil belum benar).

4)       Guru mengajak peserta didik kembali ke kelas, dan menunjukkan beberapa gambar ikan, atau membawa akuarium ke kelas.
5)       Guru mendemonstrasikan cara membuat model ikan dari kertas dengan teknik lipat.

6)       Guru meminta kepada semua peserta didik, melakukan kegiatan yang sama, seperti yang dilakukan guru, dan memberikan bimbingan kepada peserta didik yang mendapat kesulitan.

3.      Kegiatan Penutup
      1. Uji kompetensi

      1. Memberi penghargaan hasil karya peserta didik dan memajangnya.

E.      Sumber Belajar

1)       Buku IPA kelas 2 SD dan MI

2)       Buku peserta didik

3)       Hewan di lingkungan

4)       Kertas

F.     Penilaian Hasil Belajar

1.       Teknik Penilaian dan Bentuk instrumen

a.        Tes tertulis → lisan

b.        Tes unjuk kerja → Uji petik kerja prosedur




2.       Contoh Instrumen

a.        Tes tertulis lisan

Bagian tubuh hewan untuk berjalan yaitu . . . .

Ikan berenang menggunakan . . . .

Bagian tumbuhan yang ada di tanah . . . .

b.        Tes unjuk kerja

Uji petik kerja produk
·         Materi membuat model ikan     
Kriteria yang dinilai
Skor
Kerapian lipatan

Bentuk

Kelengkapan bagian

Kreatifitas




























                                                                                                            Serang, juli 2016
                                                                                                            Guru Mata Pelajaran







No comments:

Post a Comment