RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/ Semester : II / I
AlokasiWaktu :
2x35 menit (1 x Pertemuan)
Standar
Kompetensi :
1. Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan.
Kompetensi Dasar :
1.1
Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui
pengamatan.
Indikator
A.
Menyebutkan
bagian-bagian hewan.
B.
Membuat
model hewan (ikan) dari kertas.
C.
Menebalkan
gambar hewan dan menuliskan bagian-bagiannya.
D.
Menyebutkan
bagian-bagian tumbuhan.
E.
Menggambar
tumbuhan (bunga) dan menuliskan bagian-bagiannya.
F.
Menggambar
tumbuhan dengan menghias kertas gambar dengan bijinya.
A.
Tujuan Pembelajaran
a. Siswa mampu menyebutkan
bagian-bagian hewan.
b. Siswa dapat membuat model hewan
dari bahan kertas.
c. Siswa mampu menyebutkan
bagian-bagian tumbuhan.
d. Siswa dapat menggambar tumbuhan lengkap dengan bagian-bagiannya.
B. Materi
Pembelajaran
a.
Bagian-bagian
hewan
1. Bagian-Bagian Utama Tubuh Kucing
Tubuh
kucing terdiri atas kepala, tubuh, kaki dan ekor. Seluruh tubuh kucing
diselimuti rambut tebal. Kucing berkaki empat, digunakan untuk berjalan,
berlari atau melompat. Kucing memiliki kuku yang tajam. Kuku kucing yang tajam
berguna untuk menerkam mangsa. Kuku kucing juga digunakan untuk memanjat pohon.
Penglihatan
kucing sangat tajam. Dengan penglihatannya yang tajam, kucing mengintai
mangsanya. Kucing mempunyai gigi yang runcing. Gigi yang runcing disebut gigi
taring yang gunanya untuk merobek-robek makanan. Di atas mulutnya ada
rambut panjang dan kaku disebut kumis. Ekor kucing ada yang
panjang dan ada yang pendek. Ekor kucing berguna untuk keseimbangan
ketika berlari.
2.
Bagian-Bagian Utama Tubuh Burung
Ayam, bebek dan
merpati adalah hewan yang dikelompokkan ke dalam bangsa burung. Bagian utama
tubuh burung terdiri atas kepala, badan, sayap dan kaki. Pada bagian kepala
bangsa burung terdapat mata, lubang hidung, lubang telinga dan paruh. Diatas
kepada ayam terdapat jengger. Paruh gunanya untuk mematuk
makanan. Bentuk paruh berbeda-beda tergantung dari makanannya. Burung yang
makan biji-bijian misalnya merpati dan pipit. Burung yang makan daging misalnya
elang, rajawali dan burung hantu. Tubuh bangsa burung diselimuti bulu. Bulu
tersebut tidak mudah basah. Bulu itu membuat bangsa burung merasa hangat.
Sayap
burung berguna untuk terbang. Tidak semua burung dapat terbang. Burung yang
tidak dapat terbang adalah pinguin, kasuari dan burung onta. Pinguin, kasuari
dan burung onta bergerak menggunakan kakinya.
Kaki
burung berguna untuk hinggap dan berjalan. Bentuk kaki burung berbeda-beda.
Kaki burung bangau panjang. Burung bangau biasa mencari makan di tempat berair.
Bebek memiliki kaki berselaput. Selaput itu berada diantara
jari kakinya. Selaput kaki berguna untuk berenang dan berjalan di tempat
berlumpur.
3.
Bagian-Bagian Utama Tubuh Sapi
Sapi mempunyai
bagian tubuh khusus yaitu rambut, puting susu dan tanduk. Rambut sapi
menyelimuti tubuh. Puting susu sapi betina berguna untuk menyusui anaknya. Sapi
memiliki tanduk yang keras, yang berguna untuk melindungi dari
musuh. Suara sapi adalah melenguh. Sapi menghasilkan susu dan daging. Selain
itu ada juga sapi yang diambil tenaganya. Kotoran sapi dapat dimanfaatkan untuk
pupuk dan juga sebagai bahan untuk mebuat biogas.
4.
Bagian-Bagian Utama Tubuh Ikan
Ikan adalah hewan yang hidupnya
di air. Ikan tidak memiliki kaki. Ikan memiliki sirip, sisik dan ekor. Sirip
digunakan untuk berenang. Sisik digunakan untuk melindungi tubuhnya. Ekor
digunakan untuk berbelok arah saat berenang. Ikan bernafas dengan insang.
5.
Bagian-Bagian Utama Tubuh Serangga
Hewan yang termasuk bangsa
serangga adalah belalang, kupu-kupu, lalat dan lebah. Semua serangga berkaki enam.
Ada serangga yang memiliki sayap. Sayap gunanya untuk terbang.
Ada juga serangga yang tidak memiliki sayap misalnya semut. Di kepalanya
terdapat sungut yang disebut antena. Antena berguna untuk alat
peraga. Kupu-kupu dan lebah makanannya nektar. Nektar diperoleh dari bunga. Nektar
adalah cairan manis untuk membuat madu.
b.
Bagian-bagian
tanaman
1.
Akar
Pernahkah kalian
memerhatikan tumbuhan yang baru dicabut dari tanah? Jika pernah, kalian akan
melihat bahwa ada bagian tumbuhan yang berada di atas tanah dan ada bagian
tumbuhan yang berada di bawah tanah. Bagian tumbuhan yang berada di dalam tanah
adalah akar. Akar membuat tumbuhan menjadi tidak mudah untuk dicabut dari
tanah.
akar juga
berfungsi menyerap air dan zat hara dari dalam tanah. Beberapa tumbuhan
mempunyai akar berfungsi sebagai penyimpanan cadangan makanan misalnya
singkong. Berdasarkan bentuknya, terdapat dua jenis akar, yaitu akar serabut
dan akar tunggang.
2.
Batang
Bagian tumbuhan yang berada di
atas tanah adalah batang. Batang berfungsi sebagai tempat munculnya daun,
bunga, dan buah. Di samping itu, batang juga berfungsi untuk mengedarkan air
dan zat hara yang diserap akar.
Batang ada yang bercabang
dan tidak bercabang. Batang juga ada yang berkayu dan tidak
berkayu. Batang juga ada yang berongga dan ada juga yang beruas-ruas.
3.
Daun
Daun tumbuhan biasanya berwarna
hijau. Daun menempel pada batang. Bentuk daun bermacam-macam. Daun ada yang
lurus sejajar seperti pita misalnya adalah daun padi. Daun ada yang seperti
jari misalnya adalah daun singkong. Ada juga yang bentuknya seperti sirip ikan
misalnya daun mangga. Daun adalah bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat
memasak makanan atau fotosintesis.
4.
Bunga
Bunga pada tumbuhan bentuknya
bermacam-macam. Warna bunga juga bermacam-macam. Bau bunga ada yang harum dan
juga ada yang tidak harum. Bunga merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi
sebagai alat perkembangbiakan.
5.
Buah dan Biji
Kalian tentunya sangat suka
makan buah-buahan. Apakah sebenarnya buah itu? Sebenarnya buah merupakan bagian
tumbuhan yang berfungsi melindungi biji. Buah terdiri atas
daging buah dan biji. Bagian yang kalian makan biasanya daging buahnya. Jika
biji ditanam akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Biji itu berkeping. Biji ada
yang berkeping satu dan ada yang berkeping dua. Biji berkeping satu disebut monokotil
dan biji berkeping dua disebut dikotil.
C. Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran
ii.
Direct Instruction (DI)
iii.
Kreatif Thinking
iv.
Analisis
konsep
2.
Metode
•
Observasi
•
Tugas
individu
•
Demonstrasi
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
1)
Anak
diajak keluar kelas sambil bernyanyi ”Kucingku”.
2)
Di
perjalanan guru menanyakan kepada peserta didik binatang apa saja yang sudah
dikenalnya.
2.
Kegiatan Inti
1)
Guru
membagikan lembar pengamatan sederhana kepada siswa.
|
No.
|
Nama Hewan
|
Bagian-bagian
Hewan
|
|
|
|
|
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
2) Guru
menunjukkan hewan-hewan yang ditemukan/dilihat, dan membimbing siswa mengisi
tabel pengamatan.
3) Sambil
duduk-duduk santai, guru meminta tiap-tiap peserta didik membacakan hasil
pengamatan, dan memberikan perbaikan langsung kepada peserta didik yang melakukan
kesalahan (hasil belum benar).
4) Guru
mengajak peserta didik kembali ke kelas, dan menunjukkan beberapa gambar ikan,
atau membawa akuarium ke kelas.
5)
Guru
mendemonstrasikan cara membuat model ikan dari kertas dengan teknik lipat.
6) Guru
meminta kepada semua peserta didik, melakukan kegiatan yang sama, seperti yang
dilakukan guru, dan memberikan bimbingan kepada peserta didik yang mendapat
kesulitan.
3. Kegiatan
Penutup
- Uji kompetensi
- Memberi penghargaan hasil karya peserta didik dan memajangnya.
E.
Sumber Belajar
1)
Buku
IPA kelas 2 SD dan MI
2)
Buku
peserta didik
3)
Hewan
di lingkungan
4)
Kertas
F.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian dan Bentuk instrumen
a.
Tes
tertulis → lisan
b.
Tes
unjuk kerja → Uji petik kerja prosedur
2.
Contoh Instrumen
a.
Tes tertulis lisan
Bagian
tubuh hewan untuk berjalan yaitu . . . .
Ikan
berenang menggunakan . . . .
Bagian
tumbuhan yang ada di tanah . . . .
b.
Tes unjuk kerja
Uji
petik kerja produk
·
Materi
membuat model ikan
|
Kriteria yang
dinilai
|
Skor
|
|
Kerapian lipatan
|
|
|
Bentuk
|
|
|
Kelengkapan
bagian
|
|
|
Kreatifitas
|
|
Serang,
juli 2016
Guru
Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment