STANDAR KOMPETENSI
DAN
KOMPETENSI DASAR
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas II (2) s/d VI (6) Semester 1-2
UNTUK SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASARTINGKAT SD, MI, DAN
SDLB
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A.
Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara
mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya
penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau
prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan
IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri
sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam
menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan
pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar
menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan
untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk
memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
IPA diperlukan dalam kehidupan
sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah
yang dapat diidentifikasikan. Penerapan IPA perlu dilakukan secara
bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Di tingkat
SD/MI diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan,
teknologi, dan masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk
merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan
kompetensi bekerja ilmiah secara bijaksana.
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan
secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan
berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek
penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di SD/MI menekankan
pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan
pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah.
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) IPA di SD/MI merupakan
standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh peserta didik dan
menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan.
Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun
kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru.
B.
Tujuan
Mata Pelajaran IPA di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut.
1.
Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha
Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
2.
Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA
yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.
Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan
kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA,
lingkungan, teknologi dan masyarakat
4.
Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam
sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
5.
Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam
memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
6.
Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala
keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7.
Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA
sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.
C.
Ruang Lingkup
Ruang Lingkup bahan kajian IPA untuk SD/MI meliputi
aspek-aspek berikut.
- Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan
- Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi: cair, padat dan gas
- Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana
- Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.
D.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1
Mengenal anggota
tubuh dan
kegunaannya, serta cara perawatannya
|
1.
Mengenal
bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
2.
Mengidentifikasi
kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara,
lingkungan sehat)
3.
Membiasakan
hidup sehat
|
2.
Mengenal cara
memelihara
lingkungan agar tetap sehat
|
1.
Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
2.
Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak
sehat
3.
Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan
peliharaan dan lingkungan sekitar
|
Benda dan Sifatnya
3.
Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan
perubahan bentuk benda
|
1.
Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar
berdasarkan cirinya melalui pengamatan
2.
Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
3.
Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan
sekitar
|
Kelas
I, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
4.
Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari
|
1.
Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan
yang sulit bergerak melalui percobaan
2.
Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere,
per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
|
Bumi dan Alam Semesta
5.
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa
alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan
manusia.
|
1.
Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
2.
Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita
3.
Membedakan pengaruh musim kemarau dengan
musim hujan terhadap kegiatan manusia
|
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1.
Mengenal bagian-bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai
tempat hidup makhluk hidup
|
1.
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar
rumah dan sekolah melalui pengamatan
2.
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada
pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)
3.
Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup
(air, tanah dan tempat lainnya)
4.
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan
dan membahayakan
|
Benda dan Sifatnya
2.
Mengenal berbagai bentuk benda
dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
|
1.
Mengidentifikasi ciri–ciri benda padat
dan cair yang ada di lingkungan sekitar
2.
Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud
benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat
dari kondisi tertentu
3.
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya
melalui pengamatan
|
Kelas II,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
3.
Mengenal berbagai sumber energi yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
|
1.
Mengidentifikasi sumber-sumber energi
(panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar
2.
Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering
digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
|
Bumi dan Alam Semesta
4.
Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari
dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi,
siang dan sore hari
2.
Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas III, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1.
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
|
1.
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup
2.
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
3.
Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada
makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
|
2.
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
|
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
2.2 Mendeskripsikan kondisi lingkungan
yang berpengaruh terhadap kesehatan
2.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan
sekitar
|
Benda
dan Sifatnya
3.
Memahami
sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
1.
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas
2.
Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran,
bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran,
pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka
3.
Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan
kertas
|
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
4.
Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya
dengan energi dan sumber energi
|
1.
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda
dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
2.
Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh
energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
3.
Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
|
5.
Menerapkan konsep energi gerak
|
1.
Membuat kincir angin untuk menunjukkan
bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
2.
Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan
sehari-hari
|
Bumi dan Alam Semesta
6.
Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan
pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia
memelihara dan melestarikan alam
|
1.
Mendeskripsikan kenampakan
permukaan bumi di lingkungan
sekitar
2.
Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan
cuaca
3.
Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
4.
Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan
melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1.
Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
|
1
Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh
manusia dengan fungsinya
2
Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
3
Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera
dengan fungsinya
4
Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera
|
2.
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan
dengan fungsinya
|
1
Menjelaskan hubungan antara struktur akar
tumbuhan dengan fungsinya
2
Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan
dengan fungsinya
3
Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan
dengan fungsinya
4
Menjelaskan hubungan antara bunga dengan
fungsinya
|
3.
Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya
|
1
Mengidentifikasi jenis makanan hewan
2
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
|
4.
Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
|
1
Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan
sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
2
Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan,
misalnya kucing, ayam, ikan
|
5.
Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara
makhluk hidup dengan lingkungannya
|
1
Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas
(simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup
(rantai makanan)
2
Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan
lingkungannya
|
Benda dan
Sifatnya
6.
Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta
berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya
|
1
Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas
memiliki sifat tertentu
2
Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair à padat à cair; cair à gas à cair;
padat à gas
3
Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan
kegunaannya
|
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
7.
Memahami gaya dapat mengubah gerak
dan/atau bentuk suatu benda
|
1
Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan
tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
2
Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan
tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda
|
8.
Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
1
Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di
lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
2
Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara
penggunaannya
3
Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan
perubahan energi gerak akibat pengaruh udara, misalnya roket dari
kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut
4
Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan
alat musik
|
Bumi
dan Alam
Semesta
9.
Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan
benda langit
|
1
Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
2
Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari
hari ke hari
|
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya
terhadap daratan
|
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut)
10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik
terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan
lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
|
11.
Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan
lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam
dengan lingkungan
11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam
dengan teknologi yang digunakan
11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap
pelestarian lingkungan
|
Kelas V,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan
hewan
|
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya
ikan dan cacing tanah
1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia
dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
1.4
Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
1.5
Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia
|
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
|
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat
makanan
2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan
pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
|
3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan
diri dengan lingkungan
|
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan
lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan
lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
|
Benda dan Sifatnya
4. Memahami hubungan antara
sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil
suatu proses
|
4.1 Mendeskripsikan
hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang,
kain, dan kertas
4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan
tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap
|
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan
energi, serta fungsinya
|
5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya,
gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang
dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
|
6. Menerapkan sifat-sifat
cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
|
6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau
lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
|
Bumi dan Alam Semesta
|
|
7. Memahami
perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan
penggunaan sumber daya alam
|
7.1 Mendeskripsikan
proses pembentukan tanah karena pelapukan
7.2 Mengidentifikasi
jenis-jenis tanah
7.3 Mendeskripsikan
struktur bumi
7.4 Mendeskripsikan proses daur air
dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya
7.5 Mendeskripsikan
perlunya penghematan air
7.6 Mengidentifikasi peristiwa
alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan
lingkungan
7.7 Mengidentifikasi beberapa
kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan,
dsb)
|
Kelas VI, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri
makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
|
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus
yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
1.2 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri
khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga)
dengan lingkungan hidupnya
|
2. Memahami cara perkembangbiakan
makhluk hidup
|
2.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan
manusia dari bayi sampai lanjut usia
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan
fisik anak laki-laki dan perempuan
2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan
hewan
2.4 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia
|
3. Memahami pengaruh kegiatan
manusia terhadap keseimbangan lingkungan
|
3.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat
mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
3.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering
dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
3.3 Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering
dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
|
4. Memahami pentingnya
pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan
|
4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang
mendekati kepunahan
4.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis
makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan
masyarakat
|
Benda dan Sifatnya
5. Memahami saling hubungan antara suhu,
sifat hantaran dan kegunaan benda
|
5.1 Membandingkan sifat kemampuan
menghantarkan panas dari berbagai benda
5.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda
dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas
|
6. Memahami faktor penyebab perubahan
benda
|
6.1 Menjelaskan faktor-faktor
penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui
pengamatan
6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang
menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu,
plastik) dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan
energi
|
7.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor
sederhana energi pegas)
7.2 Menyajikan informasi tentang
perpindahan dan perubahan energi listrik
|
8. Memahami pentingnya penghematan energi
|
8.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi
dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
8.2 Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi
listrik (bel listrik/alarm/model lampu lalu lintas/ kapal
terbang/mobil-mobilan/model penerangan rumah)
|
Bumi dan Alam Semesta
|
|
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan
interaksi bumi dalam tata surya
|
9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi
penyusun tata surya
9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi
bumi dan revolusi bulan
9.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana
matahari
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan
kalender Hijriah
|
E. Arah
Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
No comments:
Post a Comment