A.
Pengertian
Peserta Didik
Peserta
didik merupakan subjek yang menjadi fokus utama dalam penyelenggaraan
pendidikan dan pembelajaran. Peserta didik yang pada umunya merupakan individu
yang memilki potensi yang dirasa perlu dikembangkan melalui pendidikan baik
fisik maupun psikis, dari lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat
dimanapun ia berada.
B.
Tahap
Perkembangan Dan Ciri-Ciri Peserta Didik
1. Tahap
Perkembangan Biologis
a. Masa
Prenatal : berada dalam kandungan.
b. Masa
Bayi : infancy (orok) itu selama 2
minggu sejak lahir, sedangkan babyhood
(bayi) itu 2 tahun setelah masa jabang bayi.
c. Masa
Kanak-Kanak Awal (early childhood) :
berlngsung dari umur 2 tahun sampai 6 tahun.
d. Masa
Kanak-Kanak Akhir (late childhood) : pada
umunya usia 12-13 tahun untuk wanita, dan 14-15 tahun untuk pria.
e. Masa
Pubertas (akhil baligh) : ditandai
dengan masakanya organ reproduksi.
f. Masa
Remaja (adolescence) : ini adalah
masa transisi yang sangat sulit dari masa sebelumnya secara umum merupakan
klimaks.
g. Masa
Dewasa Awal (early adulthood) :
berkisar antara 18-40 tahun.
h. Masa
Dewasa Madya (middle adulthood/middle age) : berkisar antara 40-60 tahun.
i.
Masa Usia Lanjut (late adulthood/old age) : pada umur 60
tahun ke atas.
C.
Perkembangan
Anak Usia Sekolah Dasar
1. Perkembangan
Intelektual : anak sudah dapat melaksanakan tugas-tugas belajar yang menuntut
kemampuan intelektual atau kemampuan kognitif.
2. Perkembangan
Bahasa : anak yang telah matang untuk berbicara, lalu mempelajari bahasa orang
lain dengan jalan mengimitasi atau meniru ucapan kata-kata yang didengarnya.
3. Perkembangan
Sosial : memiliki kesanggupan meneysuaikan diri sendiri kepada sikap yang
kooperatif atau sosiosentris (mau memperhatikan kepentingan orang lain).
4. Perkembangan
Emosi : kemampuan mengontrol emosi diperoleh anak melalui peniruan dan latihan
(pembiasaan).
5. Perkembangan
Penghayatan Keagamaan : pandangan keTuhanannya diperoleh secara rasioanl
berdasarkan kaidah-kaidah logika yang berpedoman pada indikator alam.
6. Perkembangan
Motorik : dasar-dasar keterampilan untuk menulis dan menggambar, keterampilan
dalam mempergunakan alat-alat olahraga, dan lainnya.
D.
Faktor
yang Mempengaruhi Perkembangan Anak
1. Faktor
Internal : kondisi fisik (faktor genetik) dan kondisi psikis (aspek fisik,
intelektual yaitu kognitif, bahasa, emosi, dan sosial-moral).
2. Faktor
Eksternal : lingkungan fisik (kondisi keamanan, cuaca, keadaan, geografis) dan
lingkungan nonfisik (keluarga, pendidikan, dan masyarakat).
No comments:
Post a Comment